Workshop pengembangan kurikulum 4.0 dan Raker FEB UMSurabaya

Raker-FEB-UM-Surabaya-2019-2

Surabaya — Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Surabaya melangsungkan agenda tahunan rapat kerja pada tanggal 4 September 2019 bertempat di premier hotel Santika. Berlangsungnya kegiatan tersebut juga diadakan kegiatan workshop pengembangan kurikulum 4.0 yang diisi oleh Rai Rake Setyawan, S.E., GDBus.I.S,M.S.A.,H.D dengan mengangkat tema menata kurikulum untuk abad 21.

Raker-FEB-UM-Surabaya-2019

Saat ini, pengacuan kurikulum yang telah disepakati adalah perguruan tinggi dalam menyusun kurikulum atau pengembangan kurikulum wajib mengacu pada peraturan presiden nomor 08 tahun 2012 tentang kerangka kualifikasi nasional Indonesia dan permenristekdikti nomor 44 tahun 2015. Untuk tantangannya sendiri, yang perlu dihadapi oleh perguruan tinggi dalam pengembangan kurikulum di era revolusi industri 4.0 adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi baru meliputi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman keyakinan agama. Dengan tantangan seperti itu, perguruan tinggi perlu melakukan reorientasi pengembangan kurikulum yang mampu menjawab rintangan tersebut.

Workshop ini bertujuan untuk memecahkan rintangan tersebut, mencari cara agar penataan kurikulum lebih efektif dan efisien. Untuk menciptakan literasi baru menghadapi revolusi industri 4.0 dibutuhkan cara untuk meyakinkan mahasiswa bahwa literasi baru ini akan membuat mereka kompetitif. 3 hal penting yang harus diubah untuk menciptakan literasi baru adalah: literasi data (kemampuan untuk membaca, analisis, dan menggunakan informasi), literasi teknologi (memahami cara kerja mesin, dan aplikasi teknologi), terakhir literasi manusia yang mencakup humanities, komunikasi, dan design.

Download Materi :

Workshop Kurikulum Bagian Satu

Workshop Kurikulum Bagian Kedua

Integrasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari LPPM